Terjemah Mabadi Fiqih Juz 2 - Bab Thaharah (Bersuci)

Daftar Isi
Terjemah Mabadi Fiqih Juz 2 - Bab Thaharah (Bersuci)

Terjemah Makna Pegon Mabadi Fiqih Juz 2 - Bab Thaharah. Materi pelajaran fiqih dasar tentang thaharah (bersuci) dalam pendidikan diniyah untuk tingkat Sekolah Dasar Negeri / Swasta di Kabupaten Jombang untuk memudahkan para siswa dan para santri dalam belajar memahami makna yang terkandung di dalamnya maupun dalam belajar praktik membaca kitab secara langsung beserta makna pegonya. Yang merupakan lanjutan dari kitab Mabadi Fiqih Juz 1

Thaharah adalah salah satu ajaran Islam yang sangat penting, terutama bagi anak-anak. Dengan belajar thaharah sejak dini, kalian akan memahami bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesucian yang benar sesuai dengan syariat Islam, yang juga merupakan bagian dari iman dan syarat sahnya ibadah seperti salat.

Berdasarkan pengalaman, Peserta didik / anak-anak yang terbiasa mempelajari thaharah sejak dini biasanya memunculkan tanda-tanda positif berikut ini

  1. Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan
  2. Terbiasa menjaga wudhu dan keberbersih hingga dewasa
  3. Terbiasa membersihkan diri setelah buang air
  4. Giat menjalankan ibadah, karena merupakan sayarat sahnya sholat

Akan tetapi ika anak tidak belajar thaharah sejak dini, mereka bisa melakukan kesalahan dalam wudhu atau mandi wajib, yang bisa membuat ibadah mereka tidak sempurna.

Adapun isi pembahasan dalam Terjemah Mabadi'ul Fiqih Juz 2 - Bab Thaharah (Bersuci) ini, adalah menjelaskan tentang permasalahan dasar yang sangat penting dalam keagamaan terkait Bersuci, Apa saja perantara yang boleh digunakan bersuci, Air yang bolej dijadikan bersuci baik air sedikit, air banyak, air musta'mal, juga ukuran 2 qullah dan juga penjelasan beserta contohnya yang kami kemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah difahami.

Penting!
Gunakan menu DAFTAR ISI untuk memudahkan pencarian ke Bab / Tema yang dipilih

اَلْـمَبَادِئُ الْفِقْهِيَّةُ
اَلْـجُزْءُ الثَّانِی
عَلَی مَذْهَبِ الْإِمَامِ الشّافِعِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ


اَلطَّهَارَةُ

Apa Thaharah (bersuci) itu?

Soal :
Apa yang dimaksud thaharah (bersuci) itu?

Jawab :
Thoharoh yaitu; melakukan suatu perbuatan yang bisa menyebabkan tidak sah sholatnya kecuali dengan melakukan perbuatan tersebut seperti; menghilangkan najis, cewok (istinja’), wudhu, mandi dan tayammum.

س: مَا الطَّهَارَةُ؟

ج : هِيَ فِعْلُ مَا لَاتَصِحُّ الصَّلَاةُ اِلَّا بِهِ كَإِزَالَةِ النَّجَاسَةِ وَالْإِسْتِنْجَاءِ وَالْوُضُوْءِ وَالْغُسْلِ وَالتَّيَمُّمِ

Makna Pegon

س: (مَا) اِیْکُوْ اَڤَا (اَلطَّهَارَةُ) اُتَوِيْ سٓسُوْچِي؟

ج : (هِيَ) اُتَوِيْ سٓسُوْچِي (فِعْلُ مَا) اِيْكُوْ ڠٓلَاكَوْنِي ڤٓرْكَارَا (لَاتَصِحُّ) كَڠْ اَوْرَا سَاهْ (اَلصَّلَاةُ) اَڤَا صَلَاةْ (اِلَّا بِهِ) كٓـجَابَا كٓلَوَانْ مَا (كَإِزَالَةِ النَّجَاسَةِ) كَايَا ڠِيْلَاڠِيْ نَجِسْ (وَالْإِسْتِنْجَاءِ) لَنْ اِسْتِنْجَاءْ (وَالْوُضُوْءِ) لَنْ وُضُوْءْ (وَالْغُسْلِ) لَنْ اَدُوْسْ (وَالتَّيَمُّمِ) لَنْ تَـيَمُّمْ

Penjelasan

س: اَڤَا كَڠْ دِيْ اَرَانِي سٓسُوْچِيْ؟

ج : سٓسُوْچِي يَا اِيْكُوْ ڠٓلَاكَوْنِي ڤٓرْكَارَا سِيڠْ صَلَاةْ اِيْكُوْ اَوْرَا بِـيْصَا سَاهْ كٓـجَابَا ڠَاڠْڮُوْ ڤٓرْكَارَا مَاهُوْ، كَايَا ڠِيْلَاڠِيْ نَجِسْ لَنْ اِسْتِنْجَاءْ لَنْ وُضُوْءْ لَنْ اَدُوْسْ لَنْ تَـيَمُّمْ

Opo kang diarani sesuci (thoharoh) iku? Sesuci yo iku ngelakoni perkoro sing sholat iku ora biso sah kecobo ngelakoni perkoro mau. Koyo ngilangi najis, Istinja’ (cewok), wudhu, adus lan tayammum

Thaharah adalah bersuci. Bersuci adalah sesuatu yang sangat penting dalam Islam agar ibadah diterima oleh Allah. Thaharah adalah melakukan perbuatan yang mencakup diataranya seperti;

  1. Membersihkan najis
  2. Menghilangkan hadas kecil dengan wudhu dan hadats besar mandi wajib
  3. Tayammum dengan menggunakan debu bersih dan suci jika tidak ada air

Apa saja perantara bersuci itu?

Soal :
Apa saja perantara (yang digunakan) bersuci itu?

Jawab :
Perantara yang digunakan untuk bersuci adalah; Air, Debu, Batu, Sama’ dan Sabun.

س: مَا وَسَائِلُ الطَّهَارَةِ؟

ج : اَلْـمَاءُ وَالتُّرَابُ وَالْـحَجَرُ وَالدَّبْعُ (وَالصَّابُوْنُ)

Makna Pegon

س: (مَا) اِیْکُوْ اَڤَا (وَسَائِلُ الطَّهَارَةِ) اُتَوِيْ ڤِيْرَا - ڤِيْرَا لَانْـتَارَانِي سٓسُوْچِيْ؟

ج : (اَلْـمَاءُ) اِيْكُوْ بَاۑُوْ (وَالتُّرَابُ) لَنْ لٓـبُوْ (وَالْـحَجَرُ) لَنْ وَاتُوْ (وَالدَّبْعُ) لَنْ ۑَامَاءْ (وَالصَّابُوْنُ) لَنْ سَابُوْنْ

Penjelasan

س : اَڤَا لَانْـتَارَانِي سٓسُوْچِيْ اِیْکُوْ؟

ج : لَانْـتَارَانِي سٓسُوْچِيْ یَا اِیْکُوْ بَاۑُوْ، لٓـبُوْ، وَاتُوْ، ۑَامَاءْ لَنْ سَابُوْنْ

Opo lantarane sesuci iku? Lantarane sesuci yo iku batu, lebu (debu), nyama’ lan sabun.

Perantara yang digunakan untuk bersuci dalam Islam bisa berupa air, debu, batu, tisu, daun, atau bahan lain yang suci

Air adalah alat utama untuk bersuci, tetapi jika tidak ada air, kita bisa menggunakan tayammum dengan debu bersih. Menjaga kebersihan adalah bagian dari iman, dan bersuci adalah syarat penting agar ibadah kita diterima oleh Allah


Apa saja yang boleh dijadikan untuk bersuci?

Soal :
Apa saja (air) yang boleh dijadikan untuk bersuci?

Jawab :
(Air) Yang boleh dijadikan untuk bersuci ialah setiap (air) yang turun dari langit atau (air) yang keluar (nyumber) dari bumi dan sesuatu (air) tersebut tidak (terkena/kejatuhan) najis dan juga tidak musta’mal.

س: مَا الَّذِيْ يَجُوْزُ بِهِ التَّطْهِيْرُ؟

ج : هُوَ كُلُّ مَا نَـزَلَ مِنَ السَّمَاءِ أَوْ نَـبَعَ مِنَ الْأَرْضِ وَلَمْ يَكُنْ مُتَنَجِّسًا وَلَا مُسْتَعْمَلًا

Makna Pegon

س: (مَا) اِیْکُوْ اَڤَا (اَلَّذِيْ) اُتَوِيْ ڤٓرْكَارَا (يَجُوْزُ) كَڠْ وٓنَاڠْ (بِهِ) كٓلَوَانْ اَلَّذِيْ (التَّطْهِيْرُ) اَڤَا ۑُوْچَيْ اَكِيْ؟

ج : (هُوَ) اُتَوِيْ اَلَّذِيْ (كُلُّ مَا) اِيْكُوْ سَابٓنْ ڤٓرْكَارَا (نَـزَلَ) كَڠْ تٓـمُوْرُوْنْ اَڤَا مَا (مِنَ السَّمَاءِ) سَكِيڠْ لَاڠِيتْ (أَوْ نَـبَعَ) اُوْتَاوَا ۑُومْـبٓـرْ اَڤَا مَا (مِنَ الْأَرْضِ) سَكِيڠْ بُوْمِيْ (وَلَمْ يَكُنْ) لَنْ اَوْرَا اَنَا اَڤَا مَا (مُتَنَجِّسًا) اِيْكُوْ كٓـنَا نَجِسْ (وَلَامُسْتَعْمَلًا) لَنْ اَوْرَا دِيْ ڮُوْنَااَكِيْ

Penjelasan

س: بَاۑُوْ اَڤَا كَڠْ كٓـنَا كَاڠْڮُوْ سٓسُوْچِيْ؟

ج : سَابٓـنْ٢ بَاۑُوْ كَڠْ تٓـمُوْرُونْ سَكِيڠْ لَاڠِيتْ اُوْتَاوَا ۑُومْبٓـرْ سَكِيڠْ بُوْمِي، لَنْ اَوْرَا كٓـنَا نَجِسْ لَنْ اَوْرَا وِيْسْ دِيْ ڮُوْنَا اَكِيْ كَاڠْڮُوْ ۑُوْچِيْ اَكِيْ

Banyu opo kang keno kanggo sesuci? Banyu kang keno kanggo sesuci yo iku saben-saben banyu banyu kang temurun saking langit utowo nyumber saking bumi, lan ora keno najis

Air yang boleh digunakan untuk bersuci dalam Islam adalah air yang suci dan menyucikan, yang mana air tersebut adalah air yang turun dari langit ataupun air yang keluar (nyumber) dari bumi

Jika ada air, maka lebih utama menggunakan air untuk bersuci. Tetapi jika tidak ada air, Islam memberikan keringanan dengan menggunakan debu bersih untuk tayammum atau batu dan tisu untuk istinja'

Karena dengan kita menjaga kebersihan dan kesucian, kita bisa menjalankan ibadah dengan baik dan diterima oleh Allah


Apa air yang terkena najis itu?

Soal :
Apa yang dimaksud dengan air yang terkena najis itu?

Jawab :
Yang dimaksud dengan air yang terkena najis adalah air sedikit yang kejatuhan najis didalamnya.

س: مَا الْـمَاءُ الْمُتَـنَجِّسُ؟

ج: هُــوَ الْمَـاءُ اْلقَلِيْلُ الَّذِيْ وَقَعَتْ فِيْــهِ نَجَـاسَةٌ

Makna Pegon

س: (مَا) اِیْکُوْ اَڤَا (الْـمَاءُ الْمُتَـنَجِّسُ) اُتَوِيْ بَاۑُو كَڠْ كٓـنَا نَجِسْ؟

ج: (هُــوَ) اُتَوِيْ بَاۑُو كَڠْ كٓـنَا نَجِسْ (اَلْـمَاءُ) اِيْكُوْ بَاۑُوْ (اَلْـقَلِيْلُ) كَڠْ كٓـدِيْكْ (اَلَّذِيْ وَقَعَتْ) كَڠْ تُوْمِيْبَا (فِيْهِ) اِيڠْدَالٓـمْ مَاءْ (نَجَـاسَةٌ) اَڤَا نَجِسْ

Penjelasan

س: اَڤَا كَڠْ دِيْ اَرَانِي بَاۑُوْ كَڠْ كٓـنَا نَجِسْ؟

ج : يَا اِيْكُوْ بَاۑُوْ كٓـدِيْكْ كَڠْ كٓتِيْبَانَانْ نَجِسْ

Opo kang diarani banyu kang keno najis iku? Banyu kang keno najiz yo iku banyu setitik kang ketiban najis

Air yang terkena najis adalah air yang tidak suci dan tidak bisa digunakan untuk bersuci

Jika airnya sedikit, maka langsung najis meskipun tidak berubah. Jika airnya banyak, tetap suci selama tidak berubah warna, bau, atau rasanya. Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati dan memastikan bahwa air yang akan kita digunakan untuk bersuci benar-benar air yang bersih dan suci


Apa air musta’mal itu?

Soal :
Apa air musta’mal itu?

Jawab :
Air musta’mal ialah air yang sedikit yang sudah digunakan untuk menghilangkan hadast atau menghilangkan najis.

س: مَا الْـمَاءُ الْـمُسْتَعْمَلُ؟

ج : هُـوَ الْـمَاءُ الْـقَلِيْـلُ الـمُسْتَعْمَلُ فِيْ رَفْعِ حَدَثٍ اَوْ إِزَالَةِ نَجِسٍ

Makna Pegon

س: (مَا) اِیْکُوْ اَڤَا (اَلْـمَاءُ) اُتَوِيْ بَاۑُو (اَلْـمُسْتَعْمَلُ) كَڠْ وُوْسْ دِيْ ڮُوْنَا اَكِـْي؟

ج : (هُـوَ) اُتَوِيْ مُسْتَعْمَلْ (اَلْـمَاءُ) اِیْکُوْ بَاۑُو (اَلْـقَلِيْـلُ) كَڠْ كٓـدِيْكْ (اَلْـمُسْتَعْمَلُ) كَڠْ وُوْسْ دِيْ ڮُوْنَا اَكِـْي (فِيْ رَفْعِ حَدَثٍ) اِيڠْدَالٓـمْ ڠِيْلَاڠِي حَدَثْ (اَوْ إِزَالَةِ نَجِسٍ) اُوْتَاوَا ڠِيْلَاڠِي نَجِسْ

Penjelasan

س: اَڤَا سِيڠْ دِيْ اَرَانِيْ بَاۑُوْ مُسْتَعْمَلْ؟

ج : بَاۑُوْ مُسْتَعْمَلْ يَا اِيْكُوْ بَاۑُوْ كَڠْ سٓتِيْتِيكْ كَڠْ وِيْـسْ تَاهُوْ دِيْ ڮُوْنَا اَكِي كَاڠْڮُوْ ڠِيْلَاڠِيْ حَدَثْ اُوْتَاوَا ڠِيْلَاڠِيْ نَجِسْ

Opo sing diarani banyu musta’mal iku? Sing diarani banyu musta’mal yo iku banyu kang setitik kang wis di guna-ake kanggo ngilangi hadas utowo ngilangi najis.

Air musta’mal adalah air suci yang sudah digunakan untuk bersuci (bekas digunakan bersuci), tetapi tidak terkena najis. Namun, jika jumlahnya banyak (lebih dari 2 qullah) dan tidak berubah sifatnya, masih bisa digunakan. Oleh karena itu, jika kita akan berwudlu atau bersuci lebih baik menggunakan air yang belum dipakai untuk bersuci agar ibadah lebih sempurna.


Apa air yang sedikit itu?

Soal :
Apa air yang sedikit itu?

Jawab :
Air yang sedikit ialah air yang kurang dari dua qullah

س: مَـا الْـمَاءُ الْـقَلِيْلُ؟

ج : هُوَ مَا دُوْنَ الْـقُلَّـتَيْنِ

Makna Pegon

س: (مَـا) اِیْکُوْ اَڤَا (الْـمَاءُ الْـقَلِيْلُ) اُتَوِيْ بَاۑُوْ كَڠْ كٓـدِيْكْ؟

ج : (هُوَ) اُتَوِيْ بَاۑُوْ كَڠْ كٓـدِيْكْ (مَا) اِيْكُوْ بَاۑُوْ (دُوْنَ الْـقُلَّـتَيْنِ) كَڠْ كُوْرَاڠْ سَكِيڠْ رَوْڠْ قُلَّةْ

Penjelasan

س: اَڤَا كَڠْ دِيْ اَرَانِيْ بَاۑُو كَڠْ سٓتِيْتِيكْ؟

ج : بَاۑُوْ كَڠْ سٓتِيْتِيكْ يَا اِيْكُوْ بَاۑُوْ كَاڠْ كُوْرَاڠْ سَكِيڠْ رَوْڠْ قُلَّةْ

Opo kang diarani banyu kang setitik iku? Banyu kang setitik yo iku banyu kang kurang saking rong Qullah

Air sedikit adalah air yang kurang dari dua qullah yang sangat mudah menjadi najis. Jika terkena najis, meskipun sedikit, langsung menjadi najis dan tidak bisa digunakan untuk bersuci. Oleh karena itu, dalam beribadah, kita harus memastikan menggunakan air yang suci dan tidak tercampur najis agar ibadah kita sah di hadapan Allah


Apa air yang banyak itu?

Soal :
Apa air yang banyak itu?

Jawab :
Air yang banyak ialah air yang sudah mencapai ukuran dua qullah atau lebih

س: مَا الْـمَاءُ الْكَثِيْرُ؟

ج : هُوَ مَا بَـلَـغَ قُـلَّــتَيْنِ فَأَكْثَرَ

Makna Pegon

س: (مَا) اِیْکُوْ اَڤَا (الْـمَاءُ) اُتَوِيْ بَاۑُوْ (الْكَثِيْرُ) كَڠْ اَكَيْهْ؟

ج : (هُوَ) اُتَوِيْ بَاۑُوْ كَڠْ اَكَيْهْ (مَا) اِيْكُوْ بَاۑُوْ (بَـلَـغَ) كَڠْ تُومٓـكَا اَڤَا مَا (قُـلَّــتَيْنِ) اِيڠْ رَوْڠْ قُلَّةْ (فَأَكْثَرَ) مَاڠْكَا حَالِيْ لُوْوِيْهْ اَكَيْهْ

Penjelasan

س: اَڤَا كَڠْ دِيْ اَرَانِي بَاۑُوْ كَڠْ اَكَيْهْ؟

ج : بَاۑُوْ كَڠْ اَكَيْهْ يَا اِيْكُوْ بَاۑُوْ کَڠْ تُومٓـكَا رَوْڠْ (٢) قُلَّةْ اُوْتَاوَا لُوْوَيْهْ اَكَيْهْ تٓـکَا رَوْڠْ قُلَّةْ

Opo kang diarani banyu kang akeh? Banyu kang akeh yo iku banyu kang tumeko rong (2) qullah utowo luweh akeh teko rong (2) qullah

Jadi istilah air yang banyak atau air yang lebih dari dua qullah, tidak langsung menjadi najis jika terkena najis, kecuali jika berubah warna, bau, atau rasanya. Oleh karena itu, dalam bersuci, kita harus memastikan air yang digunakan tetap bersih dan suci agar ibadah kita sah dan sempurna


Apa dua qullah itu?

Soal :
Apa (ukuran) dua qullah itu?

Jawab :
Dua qullah adalah suatu keterangan dari air sebanyak seratus empat puluh delapan ukkah Ibarat ada sebuah kamar mandi yang memuat air dengan ukuran persegi empat yang panjangnya itu satu seperempat dzira' (sehasta kira kira 65 cm) sedang luas dan dalamnya juga sedemikian itu (yakni satu seperempat dzira’)

س: مَـا الْـقُلَّـتَانِ؟

ج : الْـقُلَّـتَانِ عِبَارَةٌ عَنْ ١٤٨ أُقَّـةً تَـقْرِيْـبًا أَوْ مِقْدَارُمَا تَسَعُهُ بِـرْكَةُ مَاءٍ مُـرَبَّـعَةٌ طُوْلُـهَا ذِرَاعٌ وَرُبْعُ ذِرَاعٍ وَعَـرْضُـهَا وَعُمْقُهَا كَذٰلِكَ

Makna Pegon

س: (مَـا) اِیْکُوْ اَڤَا (الْـقُلَّـتَانِ) اُتَوِيْ رَوْڠْ قُلَّةْ؟

ج : (الْـقُلَّـتَانِ) اُتَوِيْ رَوْڠْ قُلَّةْ (عِبَارَةٌ) اِيْكُوْ تٓـمْبُوْڠَانْ (عَنْ ١٤٨) سَكِيڠْ ١٤٨ (أُقَّـةً) اَڤَانِي اُوقْيَاهِيْ (تَـقْرِيْـبًا) اِیڠْدَالٓـمْ کِیْرَا کِیْرَانِيْ (أَوْ مِقْدَارُ) اُوْتَاوَا کِیْرَا کِیْرَانِي (مَا) بَارَاڠْ (تَسَعُهُ) كَڠْ اَمَوْتْ اِيڠْ مَا (بِـرْكَةُ مَاءٍ) اَڤَا وَادَاهْ بَاۑُوْ (مُـرَبَّـعَةٌ) كَڠْ ڤٓسَاڮِـيْ ڤَاڤَاتْ (طُوْلُـهَا) اُتَوِيْ دَاوَانِيْ بِـرْكَةُ مَاءٍ (ذِرَاعٌ) اِيْكُوْ سَاءْ ذِرَاعْ (وَرُبْعُ ذِرَاعٍ) لَنْ سٓڤٓرَاڤَاتِيْ ذِرَاعْ (وَعَـرْضُـهَا) لَنْ اُتَوِيْ اَمْبَانِيْ بِـرْكَةُ مَاءٍ (وَعُمْقُهَا) لَنْ اُتَوِيْ جٓـرُوْنِيْ بِـرْكَةُ مَاءٍ (كَذٰلِكَ) اِيْكُوْ كَايَا مٓڠْكُوْنُوْ مٓڠْكُوْنُوْ - ذِرَاعٌ وَرُبْعُ ذِرَاعٍ

Penjelasan

س: اَڤَا كَڠْ دِيْ اَرَانِي رَوْڠْ قُلَّةْ؟

ج : رَوْڠْ قُلَّةْ اِيْكُوْ اَرَانْ سَكِيڠْ كُوْرَاڠْ لُوْوَيْهْ ١٤٨ اُقِيَةْ، اُوْتَاوَا اِيْـسِيْـنَيْ وَادَاهْ بَاۑُوْ بٓـنْـتُوكْ ڤٓـرْسٓـڮِـيْ ڤَاڤَاتْ سِيڠْ دَاوَانِيْ سِيْجِيْ سٓىڤٓرَاڤَاتْ ذِرَاعْ، سٓـمُوْنُوْ اُوْڮَا اَمْبَانِيْ لَنْ جٓـرُوْنِي

Opo kang diarani rong qullah? Rong qullah iku aran saking kurang luwih 148 uqyah, utowo isini wadah bentuk persegi papat sing dawane siji seprapat dziro’. Semunu ugo ambane lan jerune

Penjelasan 2 Qullah

Istilah “Qullah” adalah ukuran volume air, terkadang asing buat telinga kita. Sebab ukuran ini memang sudah tidak lazim digunakan di zaman sekarang, kita menggunakan ukuran volume benda cair dengan satuan liter, meter kubik atau barrel

Istilah 2 Qullah Adalah bersumber dari hadits Nabi berikut ini:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّی اللهُ عَلَیْهِ وَسَلَّمَ: اِذَا کَانَ الْـمَاءُ قُـلَّـتَیْنِ لَـمْ یَـحْمِلِ الْـخَبَثَ، وَفِي لَـفْظٍ : لَمْ یَـنْجُسْ، أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةَ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَیْمَةَ، وَالْحَاکِمُ وَابْنُ حِبَّان

Dari Abdullah bin Umar ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila jumlah air mencapai 2 qullah, tidak membawa kotoran." Dalam lafadz lainnya,"Tidak membuat najis." (HR Arbaah: Abu Daud, Nasai, Tirmizi dan ibnu Majah) bIbnu Khuzaemah, Al-Hakim dan Ibnu Hibban menshahihkan hadits ini.

Istilah Qullah adalah istilah ukuran volume air yang digunakan di masa Rasulullah SAW masih hidup. Bahkan 2 abad sesudahnya, para ulama fiqih di Baghdad dan di Mesir pun sudah tidak lagi menggunakan skala ukuran qullah

Pendapat Para Ulama

Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam kitabnya Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu, kemudian mencoba mengukurnya dengan besaran zaman sekarang yang ternyata dalam ukuran masa kini itu kira-kira sejumlah 270 liter.

Jadi bila air dalam suatu wadah jumlahnya kurang dari 270 liter, lalu digunakan untuk berwudhu, mandi janabah atau kemasukan air yang sudah digunakan untuk berwudhu`, maka air itu dianggap sudah musta`mal. Air itu suci secara pisik, tapi tidak bisa digunakan untuk bersuci (berwudhu` atau mandi). Tapi bila bukan digunakan untuk wudhu` seperti cuci tangan biasa, maka tidak dikategorikan air musta`mal.


Demikian penjelasan tentang Terjemah Mabadi Fiqih Juz 2 - Bab Thaharah (Makna Pegon) ini, Semoga bisa memudahkan peserta didik maupun para santri dalam mempelajari, memahami dan membaca makna pegon kitab Mabadi'ul Fiqhiyah Juz 2. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, Amin.

Post a Comment